Cara Membedakan Defacer,Hacker,Phreaker,Script Kiddies,Scammer,Cracker,Carder




1.DEFACE

Deface yang berdasarkan kamus UMUM berarti merusakkan; mencemarkan; menggoresi; menghapuskan tetapi arti kata deface disini yang sangat lekat adalah sebagai salah satu kegiatan merubah tampilan suatu website baik halaman utama  atau index filenya ataupun halaman lain yang masih terkait dalam satu  url dengan website tersebut (bisa di folder atau di file).

Deface adalah teknik mengganti atau menyisipkan file pada server, teknik ini dapat dilakukan karena terdapat lubang pada sistem security yang ada di dalam sebuah aplikasi. Hal ini bertujuan untuk melakukan perubahan tampilan pada website korban dengan tampilan yang dimiliki oleh si defacer. Deface merupakan sebuah serangan yang dilakukan untuk mengganti visual dari sebuah website. Para hacker biasanya meninggalkan pesan dan nickname mereka agar hasil kerjanya diketahui oleh khalayak hacker.

2.HACKER
      
Hacker sendiri adalah sebutan untuk orang atau kelompok yang memberikan sumbangan bermanfaat untuk dunia jaringan dan sistem operasi, membuat program bantuan untuk dunia jaringan dan komputer. Hacker juga bisa dikategorikan pekerjaan untuk mencari kelemahan suatu sistem dan memberikan ide dan pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan sistem yang ditemukan.

Hacker merupakan golongan profesional komputer atau IT, mereka boleh terdiri daripada jurutera komputer, pengaturcara dan sebagainya yang memiliki pengetahuan tinggi dalam sesuatu sistem komputer. Hacker mempunyai minat serta pengetahuan yang mendalam dalam dunia IT sehingga berkeupayaan untuk mengenal pasti kelemahan sesutu sistem dengan melakukan uji cuba terhadap sesuatu sistem itu. Namun, para hacker tidak akan melakukan sebarang kero\usakkan terhadap sesuatu sistem itu dan ia adalah merupakan etika seorang hacker.


3.PHREAKER


Mungkin jarang di Indonesia yang pernah mendengar kata ini. Phreaker ini sebenarnya hampir sama sifatnya dengan kracker dimana sama-sama menyukai GRATISAN. Bedanya Phreaker lebih fokus ke dalam bug jaringan/telekomunikasi. Contoh mudahnya orang bisa menelpon ato ngenet gratis padahal seharusnya berbayar, atau contoh lainnya seseorang menggunakan bug yang ada didalam sebuah perusahaan telekomunikasi (meskipun tidak diketahui bocornya informasi ini hasil sendiri atau diberi tahu orang dalam) itu adalah salah satu kegiatan phreaking dan orang yang melakukannya di sebut phreaker.





4.SCRIPT KIDDIE


Script Kiddie adalah seseorang yang memiliki kemampuan kurang dalam dunia internet yang hanya bisa menggunkan tools orang lain untuk melakukan serangan terhadap jaringan internet, biasanya hanya untuk sensasi. Pada zaman sekarang ini menjadi seorang Script Kiddie tidak lah susah karena hanya dengan bermodal koneksi internet dan mengerti sedikit tentang komputer,
Senjata Yang Di Gunakan Script Kiddie Di Zaman ini apa pun sangat mudah di temukan di internet, sama juga dengan senjata andalan Script Kiddie. Banyak sekali tools yang bisa di download di internet dan dapat di gunakan dengan mudah walau pun digunakan orang awam sekali pun seperti saya ini. Satu yang sangat sederhana yaitu dengan cara menscan IP/web untuk mencari kelemahan sistem yang dapat di serang dengan mudah, untuk menjadi Seorang script kiddie. Seseorang tidak usah kerja hingga larut malam karena banyak tools yang bekerja secara otomatis jadi bisa kita tinggal beraktivitas dan kita tinggal menunggu hasil scan dari sebuah tool.
Hal buruk yang dapat terjadi Sekali sistem anda lemah maka penyusup akan langsung masuk dan menyerang sistem anda dengan tanpa ada rasa kasih sedikit pun. Dibawah ini adalah sedikit hal buruk yang dapat terjadi jika sebuah sistem telah di serang:
1.Deface Web
2.Menginfeksi Sistem
3.Mencuri Password


5.SCAMMER

Scammer adalah seseorang atau kelompok yang menipu uang kita dengan cara yang sangat licik dan kotor. Mereka menipu lewat dunia maya atau dunia nyata. Pelakunya  orang orang lokal dan International.
Kalau ini sih dulu sempat booming di Indonesia sekitar tahun 2000-2005 kalau di Indonesia dulu di beri julukan frauder alias penipu dunia maya yang cenderung menyukai melakukan penipuan/manipulasi/
generalisasi kartu kredit untuk mendapatkan beberapa barang kesukaannya. Hampir sama jenisnya dengan kracker/phreaker namun sangat ceroboh dan bodoh. Umumnya scammer/frauder ini memahami tentang seluk beluk jaringan namun sangat buta tentang pemrograman dasar dan keamanan.


6.CRACKER

Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan.
Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.

Sisi negative pada cracker:
  1. Scanning yaitu mengetahui hal-hal dasar mengenai sistem yang digunakan, baik sistem operasi, sistem file, vulnerelability(Keamanan Data) dan sebagainya.
  2. Melakukan penyusupan ke sistem, hal ini terjadi jika ada kemungkinan folder yg dapat diakses dgn priviledge Read Write dan Execute oleh Public. Sehingga orang bisa meletakkan file di server dan selanjutnya mengeksekusinya. Kemungkinan kedua adalah dari lemahnya konfigurasi server.
  3. Menerobos password super user, bisa terjadi jika Point 2 sudah dapat dilakukan akan sangat mudah sekali.
  4. Selanjutnya mengubah data secara acak. yang dirusak adalah halaman untuk SMP X trus halaman ke 10. Cracker bekerja cepat agar tidak diketahui oleh administrator. Jika harus mikir-mikir dapat diketahui administrator.
  5. Melakukan DEFACE

7.CARDER

 Carding adalah berbelanja menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh secara ilegal, biasanya dengan mencuri data di internet. Sebutan pelakunya adalah Carder. Sebutan lain untuk kejahatan jenis ini adalah cyberfroud alias penipuan di dunia maya. Menurut riset Clear Commerce Inc, perusahaan teknologi informasi yang berbasis di Texas – AS , Indonesia memiliki carder terbanyak kedua di dunia setelah Ukrania. Sebanyak 20 persen transaksi melalui internet dari Indonesia adalah hasil carding. Akibatnya, banyak situs belanja online yang memblokir IP atau internet protocol (alamat komputer internet) asal Indonesia. Kalau kita belanja online, formulir pembelian online shop tidak mencantumkan nama negara Indonesia. Artinya konsumen Indonesia tidak diperbolehkan belanja di situs itu.

17 Responses to "Cara Membedakan Defacer,Hacker,Phreaker,Script Kiddies,Scammer,Cracker,Carder"

  1. owh itu ta bedanya min :3 baru tau , mantap lah infonya (y)

    ReplyDelete
  2. Kalo phreaker udah populer di indonesia gan, sejak 2010-an phreaker indonesia bermunculan pake opera, uc, bolt handler

    ReplyDelete
  3. phreaker mah udah terkenal di Indo gan

    ReplyDelete
  4. makasih gan , saya jadi tahu .. nice info

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Carder mantep tuh, order barang pake credit orang lain :D

    ReplyDelete
  7. makasih infonya mas, sebelumnya saya gatau jadi tau

    ReplyDelete
  8. Yang Ane Tahu Cuman Script Kiddies , Hackers , Cracked , Sama Scammer tapi ternyata ada yang lainnya juga

    ReplyDelete
  9. Ouh jadi itu bedanya towh gan, baru tahu saya

    ReplyDelete
  10. PHPreaker Baru tau ane thanks dikira Hacker tuh Cuma ada cracker,hacker doang

    ReplyDelete
  11. wah inget film who am i nih jadinya hahaha

    ReplyDelete
  12. ternyata ini ya perbedaannya, mantap infonya :D

    ReplyDelete
  13. tenkiu infonya jd nambah ilmu, sebagai org awam hacker, phreaker, cracker kadang disamain aja...ckck

    ReplyDelete
  14. pernah denger istilahnya , baru tau perbeedaannya :v .. makasihh

    ReplyDelete
  15. Mantap Infonya,. SAlam Phreaker hehehehe

    ReplyDelete